Rabu, 03 September 2014

Cara mengatasi komputer tidak mengeluarkan suara

Komputer yang tiba-tiba tidak mengeluarkan suara memang sangat menyebalkan karena Anda jadi tidak bisa mendengarkan musik, tidak bisa mendengarkan suara dari video atau film, dan berbagai hal lain yang memerlukan sound menjadi terganggu. Jika hal ini terjadi, sebaiknya Anda jangan langsung membawanya ke tempat servis. Untuk mengatasi masalah komputer ini sebenarnya cukup mudah.


cara mengatasi komputer tak bersuara
Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat Anda ikuti untuk Cara mengatasi komputer tidak mengeluarkan suara :
Periksa Komputer
Pastikan komputer Anda memiliki sound card baik on board maupun add on. Tanpa sound card tentu saja komputer tidak akan bisa berbunyi. Jika Anda memakai sound card jenis add on, pastikan bahwa hardware sound card terpasang dengan baik.
Periksa Device Manager
Langkah berikutnya, lakukan pengecekan pada Device Manager. Device Manager adalah fitur bawaan dari Windows yang dapat digunakan untuk melihat informasi driver dari semua hardware yang terinstal di komputer. Hardware yang sudah terinstal dan belum terinstal bisa Anda lihat di sini. Lalu, bagaimana cara mengeceknya? Caranya mudah, cukup klik kanan pada My Computer > Properties > Device Manager.
Setelah itu, Anda akan melihat informasi tentang hardware yang terpasang pada perangkat Anda. Jika auido belum terinstal, biasanya akan muncul tanda tanya berwarna kuning pada hardware tersebut. Untuk mengatasi masalah ini, Anda cukup menginstal driver dari audio card. Tentu saja driver audio card tersebut harus yang sesuai dengan soundcard atau audio card yang Anda miliki. Jika Anda menggunakan sound card on board, Anda tinggal mencari CD Driver Mobonya. Di sana Anda akan menemukan drivernya lengkap. Jika driver sudah terinstal, maka akan muncul nama driver tersebut misalnya Realtek High Definition Audio.
Sekarang driver audio sudah berhasil di instal di komputer, tetapi kenapa komputer masih belum mengeluarkan suara? Tenang, Anda tidak perlu panik. Coba periksa di sebelah kanan taskbar Anda apakah sudah ada ikon audio berbentu speaker atau belum. Jika sudah ada, Anda bisa mencoba membuka Volume Mixer audio tersebut. Pastikan speaker tidak  dalam keadaan di disable. Setelah speaker aktif, maka Anda dapat menaikkan volume tersebut dan melihat komputer Anda sudah kembali mengeluarkan suara lagi.
Demikian beberapa tips mudah untuk mengatasi komputer tidak mengeluarkan suara. Dengan cara tersebut, Anda bisa menikmati kembali lagu – lagu favorit Anda, melihat TV online, dan melihat video  favorit Anda. Tetapi, jika cara di atas belum mampu menyelesaikan masalah pada komputer Anda, maka sebaiknya Anda membawanya ke tempat servis komputer karena mungkin saja komputer yang tidak mengeluarkan suara mengalami masalah pada sound card, bukan pada pengaturan drivernya. Semoga tips di atas dapat membantu mengatasi masalah Anda.

Tidak ada komentar: